Tahapan - Tahapan Dalam Membangun Rumah 

Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, rumah berpungsi seabagai tempat tinggal, berlindung dari gangguan iklim dan mahluk hidup lainya dan tempat membangun sebuah keluarga. Dan membangun sebuah rumah adalah pekerjaan yang komplek.

Tahapan - Tahapan Dalam Membangun Rumah

Proses pembangunan rumah adalah sebuah proses yang panjang terdiri dari beberapa tahapan yang dimana pada setiap tahapan tesebut memerlukan ketelitian dan ketepatan untuk menjamin hasil akhir sebuah rumah yang memiliki stuktur yang kokoh kuat indah dan nyaman. Berikut ini adalah tahapan-tahapan proses pembangunan rumah yang paling mendasar dan wajib anda ketahui

1.Tetapkan Budget

Sebaiknya sebelum anda membangun rumah, tetapkan biaya yang sanggup anda keluarkan . budget anda akan menentukan seberapa luas rumah yang anda bangun, biasanya kontraktor dan arsitek rumah membebankan biaya kontruksi atas dasar luas lantai dan kompleksitas pengerjaan.

2.Tentukan spesifikasi rumah yang Anda inginkan

Berikutnya anda harus menentukan gaya arsitektur dimulai dari ukuran , jenis kamar atau runagan , lantai, dan lain-lain mengenai rumah yang anda inginkan. Tuliskan spesifikasi tersebut di atas kertas supaya bisa didiskusikan dengan seluruh anggota keluarga anda.

3.Buat gambar rencana bangunan

Selajutnya carilah jasa arsitek yang dpat membantu anda untuk mewujudkan spesifikasi rumah ke dalam gambar rencana bangunan dan rincian yang merinci desain serta material yang digunakan disetiap ruangan. Anda memerlukan gambar rencana bangunan rumah untuk mendapatkan perizinan mendirikan bangunan (IMB) dan mewarkan ke jasa bangun rumah untuk mengerjakanya.
4. Dapatkan perizinan bangunan (IMB)
Anda perlu mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB) dari pemerintah daerah sebelum melakukan pembangunan rumah. Proses perizinan tersebut dapat Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan kontraktor.

5.Tunjuk kontraktor

Untuk menunjuk kontraktor bangun rumah anda bisa menunjuknya sendiri atau berkonsultasi dengan jasa arsitek yang telah anda pilih. Dalam memilih jasa kontraktor bangun rumah, pilihlah yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik dalam mengerjakan proyek-proyek bangunan sekelas rumah anda. Melakukan survey dan meyelidiki reputasi jasa kontraktor bangunan rumah sangat bermanfaat ini mencegah supaya anda tidak kecewa dikemudian hari. Penting disadari bahwa tidak semua kontraktor yang mengjukan biaya murah akan membuat biaya bangun rumah anda menjadi hemat, dan tidak semua yang menawarkan harga tinggi melakukan pekerjaanya dengan kualitas baik.

Jika penawaran harga borongan dari si kontraktor melebihi anggaran anda, sebaiknya diskusikan dengan kontraktor untuk mendapatkan saran pengurangan biaya. Dan mintalah kontraktor untuk mengajukan penawaran baru dengan biaya yang lebih rendah.

6.Kelola Proyek

Pembangunan rumah Anda dimulai dengan penggalian, pemasangan pondasi, pembuatan struktur, pemasangan atap, instalasi pipa dan listrik, dan seterusnya. Periksa kembali gambar rencana Anda dan diskusikan dengan kontraktor. Hal ini memastikan harapan-harapan Anda dipahami sepenuhnya oleh kontraktor. Lakukanlah inspeksi  pada setiap tahap penyelesaian proyek. Periksa progres dan kualitas pekerjaan sebelum Anda melakukan pembayaran termin.

7.Lakukan serah terima rumah

Akhirnya, rumah Anda selesai dibangun!  Pastikan bahwa semua pekerjaan telah dilakukan sesuai spesifikasi sebelum Anda memberikan pembayaran termin terakhir kepada kontraktor. Lakukan inspeksi akhir bersama-sama dengan kontraktor dan sepakati hal-hal yang masih harus ditindaklanjuti. Ingatlah bahwa Anda masih memegang kendali karena 5% dari nilai kontrak masih Anda tahan sebagai jaminan pemeliharaan. Bila ada pekerjaan yang tidak beres setelah serah terima, Anda masih bisa meminta kontraktor untuk memperbaikinya

0 comments:

Post a Comment

 
Top