Saat ini rumah minimalis sedang banyak dibicarakan di masyarakat indonesia terutama di perkotaan, akan tetapi sebagian mereka tidak mengetahui arti dari rumah minimlis tersebut atau definisi rumah minimalis. Diantarnya adalah gaya arsitektur minimalis. Gaya arsitektur minimalis adalah gaya arsitektur yang menampilkan elemen sesederhana mungkin dan seperlunya saja namun terkesan elegan dan efektif.
Dari pengalaman para praktisi arsitek rumah maka gaya arsikektur rumah minimalis terbagi menjadi tiga bagian.

Arsitektur Kontemporer

Istilah yang diterapkan pada salah satu dari sejumlah gaya arsitektur yang populer pada tahun 1940 hingga 1970-an dan seterusnya, kadang-kadang melekat sebagai istilah arsitektur modern; sering ditandai oleh luas atap menggantung, balok atap yang diekspos, dan atap pelana yang menghadap ke depan diatas tembok antara jendela; kadang pula balkon dengan tabir surya yang menggantung, atap dek dan teras yang dapat berfungsi sebagai ekstensi dari ruang hunian, tipe lain memiliki tampak dan atap datar perwujudan gaya internasional.

Arsitektur Modern

Sebuah istilah bebas yang dipakai sejak akhir abad ke-19 untuk bangunan dalam berbagai gaya, di mana perhatiannya ditempatkan pada fungsionalisme, rasionalisme, dan metode konstruksi saat ini, kontras dengan gaya arsitektur berdasarkan preseden sejarah dan metode tradisional bangunan. kategori ini sering mencakup art deco, artmoderne, bauhaus, gaya kontemporer, gaya internasional, arsitektur organik, langsing modern.

Arsitektur Minimalis

Arsitektur yang mengikuti doktrin bahwa penggunaan dekorasi semua elemen, termasuk ornamen dan warna, harus diatur hingga sangat/mutlak minimum. prinsip ini berangapan semua fitur arsitektur tidak penting dan sebagai nilai estetika negatif, sehingga mengedepankan konsep milik Mies Van Der Rohe yaitu “less is more.”
rumah minimalis


Kalau meninjau dari pengertian diatas maka ciri-ciri desain rumah minimalis sebagai berikut:

Exterior Rumah Minimalis 

Dari Exteriornya  rumah minimalis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai bentuk dan garis geometris yg tegas. Biasanya didominasi dengan perulangan garis vertikal/horizontal.
  • Bukaan yang lebar , jendela yang lebar memberikan pandangan ke luar lebih leluasa.
  • Penataan landscape juga minimalis, penggunaan tanaman besar hanya sebagai vocal point saja.
  • Atap datar atau nyaris datar.

Interior rumah minimalis

Dan dari Interior rumah minimalis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ruang2 lebih terbuka/ meminimalkan penyekatan dinding.
  • Ornamen2 interior seperti penggunaan cornice , ornamen2 ukiran tidak diterapkan.
  • Furniture lebih simple, tegas, polos (tidak berukiran).Untuk menghindari kesan monoton, biasanya menggunakan permainan cahaya (buatan/alami) untuk mendapatkan efek dramatis, permainan warna(2-3 warna) juga diterapkan di model minimalis.

Penyebab munculnya rumah minimalis adalah karena kebosanan  akan karya arsitektur yang rumit namun dalam penggunaanya kurang efektif baik itu dari ornamen atau dari susunan ruanganya. Hal tersebut juga mengindikasikan dari definisi rumah minimalis.

Rumah minimalis dimaksudkan untuk membuat sebuah bangunan sesimple dan sesederhana mungkin tetapi efektif. Akan tetapi belakangan ini muncul trend rumah minimlais di Indonesia yang melenceng dari dari konsep rumah minialis itu sendiri.  

Dimana kebanyakan masyarakat hanya memaknai minimalis sebagai fasad rumah yang simpel, terdiri dari bidang-bidang datar, tetapi tidak sampai ke susunan ruangnya. Hal itu terbukti, walaupun minimalis, toh ruang-ruang terkadang dibuat besar sekali, padahal manusia yang menghuninya pun jarang dirumah. dan jelas itu telah melenceng dari konsep rumah minimalis, karena banyak ruang yang tidak terpakai dan kesannya menjadi tidak efektif.

1 comments:

  1. akhirnya menemukan artikel Sekilas Defenisi Rumah Minimalis ,

    baca juga Model dapur rumah minimalis modern, mohon ijin referensi

    ReplyDelete

 
Top