Salah satu kunci sukses dalam pembangunan rumah adalah memilih bahan bangunan yang tepat , Jika anda menggunakan jasa kontraktor untuk membangun rumah sebagian besar pemilihan bahan bangunan dilakukan oleh kontraktor, namun tidak ada salahnya bukan jika anda juga memahami bagaiman cara kontraktor memilih bangunan rumah dan memastikan kualitas bahan yang digunakan.  Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah.

Pasir

Pasir dalam bahsa ilmu sipil pasir disebut sebagai agregat halus ( kerikir : agregat kasar ). Ukuran pasir kurang dari 15 mm. Untuk bangunan secara garis besar dibedakan sebagai pasir hitam dan pasir putih. Pasir hitam biasanya digunakan untuk pekerjaan struktur dan sering disebut pasir beton dan pasir putih  cocok untuk pekerjaan plasteran. Pasir yang bagus harus bebas dari tanah, lumpur, dan kotoran organik.
Anda dapat melakukan tes sederhana untuk memeriksa kualitas pasir: Taruh sejumlah pasir di telapak tangan, gosok-gosok dan buang. Periksa telapak tangan Anda. Pasir yang baik tidak akan menempel pada telapak tangan.

Kerikil

Kerikil atau agregat kasar adalah hasil dari pemecahan batu keras. Anda memerlukan kerikil untuk pekerjaan beton. Ukuran kerikil pada umumnya adalah diameter 10mm, 20mm dan 40mm. Untuk pekerjaan balok dan kolom rumah tinggal, kerikil yang dipakai umumnya adalah yang berukuran 10mm dan 20mm.
Kerikil harus keras, kuat dan bebas dari tanah liat, lumpur, bahan organik dan bahan asing lainnya.

Bata

Bata yang baik terlihat halus, keras dan terbakar matang secara merata (namun tidak terlalu matang sehingga gosong). Bentuk dan ukurannya harus seragam.
Untuk menguji kualitas bata, ketuk-ketuklah dengan logam. Bata yang baik akan menghasilkan suara denting logam yang nyaring. Bila dijatuhkan dari ketinggian satu meter, bata yang baik juga tidak pecah.

Keramik

Memilih ubun kramik mungkin adalah bagian yang tersulit karena da ribuan warna , ukuran gaya, bentuk dan kualitas, anda tidak akan pernah salah jika memilih ubun berwarna netral sperti putih. Namun jika anda memilih warna lain yang mencolok sebaiknya konsultasikan dengan arsitek untuk keserasianya denga element rumah yang lain.

Ubin tersedia dengan berbagai ukuran dimulai dari 20x20cm, 25x25cm, 30x30cm, 45x45cm sampai 60x60cm. Dan kualitas ubin biasanya dibedakan oleh produsen sebagai KW 1 ( baik) KW 2 (sedang) KW ( jelek). KW satu dalah ubin terbaik tampa cacat, bai retakan, warna atau dimensi. Dan sebaiknya KW 3 adalah ubin cacat denga kualitas jelek.  Sebaiknya jika anda memiliki budget yang cukup usahakan untuk memilih ubin KW 1 namun jika dana anda terbatas ubin KW 2 pun masih bisa menghasilak lantai yang baik jika pemasanganya tepat.

Ubin keramik ada yang berglazur (mengkilap) dan tidak. Ubin berglazur terbuat dari campuran tanah liat yang dipres, kemudian lapisan glazur diterapkan pada bagian atas dan dipanggang. Ubin berglazur tersedia dalam high-gloss, matte, dan kasar .

1 comments:

  1. akhirnya menemukan artikel Cara Memilih Bahan Bangunan ,

    baca juga Model dapur rumah minimalis modern, mohon ijin referensi

    ReplyDelete

 
Top