Banyak orang yang beranggapan bahwa mengecat dinding adalah pekerjaan yang mudah, namun ternyata mengecat rumah perlu dilakukan dengan tehinik yang benar agar mendapatkan halis yang maksimal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pengecatan dinding rumah .

tehnik pengecatan dinding


  • Pertama anda harus mengetahui dulu apakah perlu atau tidak tembok diserkap ? yaitu dengan melakukan langkah sebagai berikut : kuaskan air pada permukaan tembok dan tunggu beberapa saat. Jika permukaan tembok tampak gelembung-gelembung maka tembok harus diserkap. 
  • Sebelum melakukan pengecatan rumah, bersihkan permukaan tembok yang akan di cat dengan air hangat dan tunggu hingga kering. 
  • Untuk menghemat cat dan menutupi pori-pori dinding disarankan untuk menggunakan plamir stelah tembok yang akan dicat kering, mulailah dengan mengecat plamir dan tunggu sampai kering dan cat lagi dengan cat dasar berwarna putih dan tunggu sampai kering. 

Nah untuk anda yang belum memiliki tehnik pengecatan , anda bisa memperaktekan cara-cara mengecat di bawah ini , dan baik atau jeleknya hasil anda akan kelihtan pada akhir pengecatan.

  • Isolasi kertas - tutpi bagian-bagian yang tidak akan dicat dengan isolasi kertas. Ini berpungsi untuk menghindari cat tercecer pada bidang tersebut, sehingga anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk membersihkan ceceran cat itu. 
  • Ember Cat – Ember cat yang akan anda gunakan untuk mengecat harus bersih dari debu dan kotoran. Ember cat juga berfungsi untuk mengukur banyaknya cat yang akan kita gunakan sehingga dapat mengurangi sisa cat yang gak terpakai. 
  • Persiapan Cat- bersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari debu dan kotoran. Yaitu dengan melakukan langkah-langkah yang pernah dijelaskan sebelumnya.

Cara mengecat yang baik dan benar

  • Teknik Pengecatan. Mulailah pengecatan dari sudut bidang , kemudian dilanjutkan ke bidang tengah. Dan perlu anda ingat lakukan pengecatan dari area yang sudah kering kearea yang basah yang telah anda cat sebelumnya.  
  • Arah pengecatan. Lakukan pengecatan dengan arah yang sama jangan acak-acakan. Tujunanya supaya hasil cat baik dan rata , juga mengeffisiekan penggunaan cat diniding. 
  • Penggunaan Kuas , sebaiknya gunakanlah dua jenis kuas atau jika anda menggunakan roll cat, gunakanlah paling tidak dua jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar baik digunakan untuk bidang yang besar dan ukuran yang kecil digunakan untuk bidang sudut. 
  • Penggunaan Roller Cat . Jika anda menngunakan roller cat ada beberapa jenis ketebalan roller cat yang beredar dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area yang ketutpnya lebih luas. Gunakan bak cat utuk meratakan volume cat pada roller, supaya cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang yang akan dicat. 
  • Penyelesaian, proses pengecatan sudah selesai tinggal lepas semua isolasi kertas tadi sebelum cat kering , dan biarkan cat anda kering dengan sendirinya. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. akhirnya menemukan artikel Taukah anda tehnik pengecatan dinding yang baik ,

    baca juga Kombinasi warna cat rumah minimalis, mohon ijin referensi

    ReplyDelete

 
Top