Disaat menjual rumah, hal pertama yang terlintas di pikran adalah berapa keuntungan yang akan didapat. Namun sebelum itu ada baiknya anda memikirkan cara untuk meningkatkan nilai jual rumah anda. Yang nantinya akan berdampak positif terhadap harga rumah anda.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan sebelum menjual rumah anda dan mendapatkan harga sepadan untuk rumah anda.

Lakukan Renovasi Rumah Ringan 

Jual Rumah
Periksa kembali sambungan atau jaringan kambel di rumah anda, mungkin ada yang terkelupas atau perlu perbaikan, rapihkan smbungan kabel tersebut, sehingga calon pembeli rumah akan merasa tenang.
Selain masalah listrik juga periksa sambungan pipa air, baik pipa air bersih atau pipa pembuangan limbah rumah tangga, perbaiki meski kondisinya nyaris rusak karena cepat atau lambat pasti akan diketahui oleh calon pembeli.

Periksa juga kondisi jendela dan pintu dari pintu kamar mandi hingga pintu teras apakah masih dalam kondis baik atau tidak. Kondisi langit-langit dan atap juga tidak bisa luput dari perhatian, karena perbaikan disekor ini akan menambah nilai keamanan dirumah anda.
Dan satu hal lagi yang harus anda perbaiki yaitu memperbaiki lantai, gantilah kramik yang pecah ayau tutup dengan semen jik lantai anda tidak dilapisi keramik. Pengecatan juga menjadi alternatif yang bagus jika terlihat retakan halus didinding rumah anda.

Bersihkan Rumah Anda 

Umumnya, orang-orang di Indonesia menjual rumah tanpa isinya. Itu artinya, bagian-bagian dinding yang semula tertutup oleh perabotan seperti  lemari atau meja rias akan terlihat. Ada baiknya Anda membersihkan sisi dinding tersebut, karena biasanya banyak debu yang menumpuk.
Bagian loteng juga perlu mendapat perhatian. Jangan biarkan loteng Anda penuh dengan sampah atau barang-barang yang sudah tidak terpakai.
Tengoklah bagian kamar mandi dan dapur. Apakah masih terdapat lumut di sudut-sudutnya? Ini akan membuat rumah Anda terlihat jorok dan akhirnya bisa menurunkan nilai jual rumah.

Perhatikan Detail  Rumah Anda

Setelah Perbaikan dan bersih-bersih, tambahkanlah detail khusus yang akan membuat rumah Anda terlihat unik. Misalnya, tambahkanlah list di bagian atas dan atau bawah dinding. Pemasangan list akan menegaskan warna cat dinding Anda, dan membuat dinding tidak tampak biasa-biasa saja.
Untuk eksterior rumah, mungkin Anda bisa menambahkan kerai. Selain itu, merapikan rumput liar yang tumbuh di halaman rumah Anda juga bisa menambah nilai jual rumah.

0 comments:

Post a Comment

 
Top